Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bengkulu

Berdasarkan SK Mendikbud No. 53/Dikti/Kep/2005 tanggal 31 Oktober 2005, maka program pendidikan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bengkulu terdiri atas pendidikan akademik dan pendidikan profesional.

 

1. Program Studi S1 Akuntansi

Pendirian Program Studi S1 Akuntansi (disingkat PSA) berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.53/Dikti/Kep/2005 Tanggal 31 Oktober 2005. Sebelum PSA berdiri, FEB Unib telah mendirikan terlebih dahulu Program Studi D3 Akuntansi pada Tahun 1996. PSA telah memperoleh status Akreditas A berdasarkan Surat Keputusan BAN PT No. 403/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2014 Tanggal 23 Oktober 2014. Akreditas A ini merupakan kebanggan bagi PSA dan menjadi motivasi untuk meningkatkan pelayanan yang lebih baik kepada pemangku kepentingan.

Proses pembelajaran di PSA dirancang dalam kurikulum yang menekankan pada penguasaan konsep dan teoritis secara mendalam di bidang akuntansi dan mampu menganalisis tentang pelaporan keuangan yang bertujuan dalam pengambilan keputusan sehingga lulusan dapat bekerja secara general ketika mereka lulus. PSA menawarkan tiga konsentrasi, yaitu Akuntasi Manajemen, Akuntansi Keuangan, dan Akuntansi Sektor Publik. Mahasiswa dapat memilih salah satu dari konsentrasi tersebut sesuai dengan minatnya masing-masing.

Pada Desember 2017 Program Studi Akuntansi berhak memberikan gelar Sarjana Akuntansi (S.Ak) terhadap lulusannya.

2. Program Studi DIII Akuntansi

Program Studi Diploma 3 Akuntansi (disingkat PS D3 Akt) didirikan berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi No. 450/DIKTI/Kep/1996, Tanggal 5 September 1996. PSA D3 Akt pada tahun 2016 telah mempertahankan Akreditasi A berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional RI No: 1789/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-III/IX/2016.

Sistem perkuliahan di PS D3 Akt menggunakan SKS di mana bobot praktikum dan teori yakni 40:60. Hal ini berbeda dengan mahasiswa S1 Akuntansi di mana bobot perkuliahan praktikum hanya 10% sedangkan teorinya mencapai 90%. Untuk menunjang praktikum mahasiswa, PS D3 Akt memiliki laboratorium pengembangan akuntansi dan laboratorium komputer akuntansi. Perkuliahan praktikum berhubungan dengan penyusunan SPT pajak, pencatatan transaksi dan penyusunan laporan keuangan yang dilakukan secara manual maupun komputerisasi, perhitungan harga pokok penjualan (HPP), dan pelaksanaan prosedur audit.