KEMAH BAKTI SOSIAL (KBS)

KBS ( Kegiatan Bakti Sosial)
adalah sebuah kegiatan bakti sosial yang bertujuan untuk menanamkan jiwa sosial mahasiwa baru secara nyata, melatih mahasiswa peduli dan mampu berkomunikasi dalam kehidupan masyarakat secara langsung. Selain itu tujuan dari KBS adalah untuk melaksanakan ataupun memenuhi dari salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian Masyarakat. Nah, berbekal salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi, HIMASI mewadahi mahasiswa untuk menjalankan tugasnya mengabdi kepada masyarakat melalui Kegiatan Bakti Sosial yang merupakan salah satu program kerja Divisi 3 Pengabdian Masyarakat.

                Kegiatan Bakti Sosial ini mengangkat tema Meningkatkan kebersamaan antar mahasiswa serta membentuk rasa peduli terhadap masyarakat dan lingkungan melalui kegiatan bakti sosial yang dilaksanakan pada 17-20 Oktober 2018. Berbeda dari tahun sebelumnya, KBS tahun ini dilaksanakan diDesa Air Sempiang , Kecamatan Kabawetan, Kabupaten Kepahiang. Desa ini seperti desa di dataran tinggi lainnya yang sejuk, hijau dan asri. Mayoritas masyarakat di desa ini adalah orang Jawa. Salah satu kelebihan desa ini adalah mempunyai lapangan bola yang dijadikan tempat perkemahan mahasiwa dan dekat dengan Musholla. Keren kan guys hehehe


Perjalanan dari Kota Bengkulu ke Desa Air Sempiang memakan waktu lebih kurang 3 jam dengan menggunakan bus. Sesampainya disana kami

disambut ramah oleh kepala desa setempat dan masyarakat sekitar. Mereka sangat antusias dengan kedatangan rombongan kami.

 

Mayoritas penduduk di desa ini bermata pencaharian sebagai petani sayur dan buruh memetik teh. Kegiatan selama empat hari tiga malam ini kami habiskan dengan sukacita dan antusias tinggi untuk membantu warga sekitar walaupun tenaga kami terkuras habis. Kegiatan kami di desa ini antara lain membantu sekaligus belajar pekerjaan masyarakat sekitar, memberikan sosialisasi kepada anak sekolah dasar, mengadakan pembagian sembako gratis bagi masyarakat sekitar dan mengadakan pengajian yang diisi dengan ceramah bersama warga dan anak panti asuhan yang sebelumnya telah diundang, serta masih banyak lagi kegiatan-kegiatan lainnya.

Himasi Goes To School


Penyuluhan bersama Warga

Perpisahan dengan Induk Semang

Pembagian Sembako ke warga Desa Air Sempiang

Putra-Putri KBS 2019